Hindari 5 Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Tips Jaga Kesehatan Ibu Hamil
Gambar: Louise Dav/Pixabay

MASA KHAMILAN merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan wanita yang telah menikah. Entah itu yang pertama atau bukan, kehamilan akan menghasilkan ragam momen eksklusif setiap harinya yang membuat ibu dan orang-orang di sekitar semakin peka dalam berkasih sayang antarmanusia. Dalam hal ini, kesehatan ibu hamil benar-benar harus diperhatikan.

Lantas bagaimana caranya agar seorang ibu bisa melewati momen kehamilan dengan sehat dan bahagia? Tentu saja semua orang di sekeliling Sang Ibu harus memberikan sejumlah dukungan ekstra, misalnya diperhatikan asupan makanannya, dijaga lingkungannya agar tenang dan bebas kekhawatiran, serta dilindungi perasaannya dari rasa sedih dan ragam emosi berlebih lainnya.

Sayangnya, tidak semua ibu hamil bisa mendapatkan situasi ideal tersebut. Perbedaan lingkungan dan latar belakang ekonomi bisa menjadi dalang utama penyebab ibu hamil stress, yang berkepanjangan. Pada situasi ini, jangan sampai hal yang tidak diharapkan terjadi, di mana bayi yang dikandung mengalami cacat fisik maupun mental, hingga keguguran.

Baca juga

Karena itu, ibu hamil jangan sampai bergantung pada lingkungan sekitar untuk menjalani hari-hari dengan sehat dan bahagia. Mari bersemangat berjuang untuk melewati kehamilan dengan baik dengan cara berpikir dan berperilaku positif, dimulai dari diri sendiri. Percayalah! Perjuangan yang dibarengi hati yang ikhlas akan berbuah manis.

Berikut ini hal-hal yang harus dihindari ibu hamil agar menjalani momen kehamilan sehat dan ceria:

1. Tidur Pagi-Pagi

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Sumber: Annalise/Pixabay

Pagi adalah waktu terbaik menyambut rezeki. Ibu hamil pastinya akan lebih mudah mengantuk dan malas beraktivitas. Lawanlah perasaan-perasaan itu, terlebih di pagi hari. Ketimbang memanjakan diri dan tidur hingga siang hari, Anda bisa berjuang untuk bangun pagi, menikmati udara segar sembari berolahraga ringan. Kegiatan ini mungkin berat ketika diawali. Tapi ketika sudah dijalani, Anda akan merasa lebih sehat dan bahagia dalam menjalani hari.

2. Makan Sembarangan

Asupan makanan bergizi merupakan hal wajib bagi ibu hamil. Sebab, Anda bukan hanya bertanggung jawab untuk diri sendiri, tapi juga ada janin yang butuh asupan nutrisi untuk pembentukan dan perkembangan dirinya.

Di sisi lain, Anda juga harus berupaya menghindari sejumlah makanan berbahaya untuk janin. Makanan tersebut misalnya mengandung pengawet, makanan mentah dan makanan lainnya yang masuk kategori junk food.

3. Cengeng

Menangis adalah salah satu hal yang paling tidak disukai oleh janin. Ketika Anda banyak menangis, janin Anda berpeluang stress dan bisa menimbulkan sejumlah masalah serius pada kandungan. Jadi, berjuanglah sekuat tenaga agar air mata Anda tidak jatuh karena tersulut hal-hal yang mengecewakan atau menyedihkan.

Ketika ada hal yang membuat Anda sedih, segeralah mengalihkan perhatian ke sejumlah hal yang positif seperti membaca kitab suci, membaca buku, mendengarkan musik, atau menyantap buah-buahan.

4. Berpikir Negatif

Sebagaimana ketika dalam kondisi normal, ibu hamil juga akan menyaksikan banyak peristiwa di kesehariannya, entah itu yang baik maupun buruk. Dalam merespons banyak kejadian itu, selalulah berupaya menyikapinya dengan tenang dan positif.

Momen hamil akan memunculkan terjadi lonjakan hormone yang berubah ubah. Oleh karena itu, tiap ibu hamil harus mendapatkan ruang dan perasaan nyaman.

5. Khawatir Berlebih

Ibu hamil pastinya selalu digerayangi mitos-mitos seputar kehamilan yang kerap mengganggu pikiran. Larangan tak masuk akal itu terkadang datang dari orang terdekat, semisal orang tua, saudara dan teman-teman yang maksudnya ingin menunjukkan perhatiannya pada Sang Ibu.

Nah, jika dirasa larangan mitos yang diberikan masuk akal, silakan diikuti saja untuk penghormatan. Tapi jika tidak nyaman, Anda tidak perlu melakukan penolakan keras, tapi juga jangan sampai dibarengi kekhawatiran berlebih. Yang mesti dihindari ialah adanya sugesti bersifat negative yang seringkali datang menghinggapi.

***

Demikianlah informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil, lengkap dengan penjelasan tentang hal-hal yang harus dihindari ibu hamil agar janin sehat dan selamat. Selebihnya, Anda harus terus berkonsultasi dengan bidan atau tenaga medis terkait agar penjagaan diri dan janin Anda lebih maksimal.


Sumber: saung-writer

0 Response to "Hindari 5 Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil"

Post a Comment

© MgP. Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel